Pengukuhan Dewan Pengurus Kabupaten Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPKab IKAPTK) Probolinggo

Acara Pengukuhan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Probolinggo, Jumat (5/8/2016) malam terasa istimewa. Bagaimana tidak, dua bupati hadir dalam acara yang digelar di pendapa kabupaten setempat itu. Dua bupati adalah H Indartato, Bupati Pacitan yang juga Ketua IKAPTK Jatim; dan Hasan Aminuddin, anggota DPR-RI yang pernah menjadi Bupati Probolinggo dua periode. Pada kesempatan itu, Hasan dikukuhkan sebagai penasihat IKAPTK. Ketua IKAPTK Kabupaten Probolingo periode 2016-2021, dijabat Ugas Irwanto yang juga camat Sumberasih.

Pengukuhan olah Indartato itu, juga disaksikan antara lain dari IKPTK Kabupaten Pacitan, Pasuruan,  Lumajang, Jember, Bondowoso, Surabaya dan Madura. Indartato mengatakan, pendidikan kepamong prajaan punya sejarah panjang sejak zaman Belanda.  Para alumni pendidikan ini, selalu siap membantu pemerintah daerah menyejahterakan masyarakat. Meski demikian, para alumninya tidak selalu bernasib baik. Dulu, katanya, ada alumni yang tidak pernah merasakan menjadi camat. “Itu karena berjuangnya sendiri-sendiri. Alhamdulillah di Probolinggo sudah ada ikatan ini, untuk perjuangkan nasib bersama-sama,” katanya. Pria yang biasa disapa Indar itu menyatakan, kini sudah banyak ikatan alumni pendidikan kepamong prajaan. IKAPTK merupakan salah satunya.

Sementara itu, Hasan Aminuddin mengaku bangga dengan alumni pendidikan kepamong prajaan. “Karena kebijakan publik akan berhasil bila pejabatnya disiplin,” kata suami Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari itu. “Kelebihan alumni pendidikan kepamong prajaan ini, disiplin bila dibandingkan alumni lain,” ujarnya disambut tepuk tangan pengurus IKPTK yang baru dikukuhkan, malam itu. Dengan kelebihan itu, Hasan tak segan memberi kepercayaan alumni dengan jabatan di pemerintahan. Hasan sendiri, pernah mencicipi pendidikan ini. Ia pernah menimba ilmu di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Selama sepekan, ia tidur di kampus tersebut. Begitu juga dengan Indartato, yang kerasan di kampus. “Makanya, sama-sama jadi bupati,” kata Hasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.